Skip to main content

follow us

Selamat malam teman sekalian ! alhamdulillah kali ini saya bisa update artikel di malam hari karena pada siang hari ada kesibukan mulai dari jam 6 pagi saya kerja menjadi kuli pulang ke rumah sore hari akan tetapi saya tidak bisa langsung melakukan update artikel karena banyak urusan lain ngontrol server wifi kecil-kecilan yang saya bangun dengan cara nyicil mengumpulkan alat seperti radio akses point antena dan mimrotik ,oh ia sebelumnya saya sudah sharing cara menghemat dana untuk membeli radio dengan cara memanfaatkan modem huawei HG8245H bekas indihome yang di jadikan akses point untuk cara settingnya silahkan kalian baca artikel saya tentang Cara Setting Modem Huawei HG8245A/H Bridge Atau Akses Point 

Dengan mengikuti cara di atas anda yang baru memulai bisnis wifi bisa sangat menghemat biaya bisa menyimpan Repeater atau Relay dengan cara sambung menyambung Kabel UTP dan simpan akses point pada setiap 50M . namun pada setiap 50 meter tidak mungkin kita harus menyiapkan kabel listrik untuk mensupaly daya agar akses point bisa menyala repot kan sudah tarik kabel utp dan harus menarik kabel listrik belum lagi menyiapkan adaptor 12 Volt harus di siapkan banyak .

Dengan Membuat POE Pasif atau rakitan yang kita buat sendiri kita tidak perlu menyediakan banyak adaptor kita bisa menggunakan carger bekas laptop atau lainnya kemudian di kasih stepdown DC untuk menurunkan voltase dari adaptop laptop .

Lalu bagaimana Cara Membuat POE Rakitan Sendiri ? berikut ini cara yang saya peraktekan dalam membuat suplay daya listrik untuk menyalakan modem Indihome Huawei HG8245H mungkin bisa jadi bahan referensi anda untuk membuat POE Rakitan sendiri .untuk menyuplay ap indoor menjadi aoutdoor .


Cara Membuat POE Rakitan Sendiri


Pertama kalian siapkan kabel utp dengan panjang sesuai kebutuhan dan colokan bawaan adaptor modem , kemudian putuskan colokan dari adaptor 12 volt yang nantinya akan kita samsbung dengan kabel UTP dengan memanfaatkan jalur dari kabel utp yang berjumlah 8 kabel dan kita gunakan kabel yang tidak terpakai untuk jalur arus kirim dan terima data .

> Coba perhatikan gambar gambar di bawah ini







Dari gambar gambar di atas kita pilih kabel warna putih coklat coklat dan kabel warna hijau putih biru . kemudian sambungkan dengan bagian colokan untuk suplay akses point kita pilih warna coklat putih coklat untuk di sambung kan dengan bagian colokan suplay modem yang berwarna hitam ada garis garis putih yang menandakan arus listrik bagian positif  kemudian kita gunakan warna hijau putih biru untuk bagian negatip jika sudah bungkus dengan slotip sampai rapi sehingga nantinya tidak terjadi konsleting listrik .

Untuk bagian adaptor yang akan mengalirkan listrik melalui kabel utp pilih juga seperti sebelumnya dan jangan tertukar antara jalur positif dan negatif , jika seudah selesai silahkan kalian coba colokan ke listrik apakah akses point inddor bisa menyala , namun perhatikan pula jika kita mengalirkan daya memalui kabel utp yang panjang sekitar 30M daya dari adaptor akan berkurang sekitar 1-3 volt dan penurunan daya ini akan mengakibatkan akses point kekurangan daya sehingga akses point tidak bisa bekerja dengan benar , untuk mengatasinya seperti yang sudah saya bilang sebelumnya gunakan adaptor laptop saja yang memiliki daya lebih besar sehingga jika daya turun anda akan mendapatkan suplay listrik yang cukup namun akan berlebihan tapi say amenggunakan day ayang lebih masih aman untuk akses point nya jika anda ragu jangan ikuti .

dan hasi dari pengerjaan pembuatan POE Pasive ini maka akan jadi seperti pada gambar di bawah ini tinggal kalian tarik kabel di ketinggina yang sesuai agar aman tidka kehujanan bisa menggunakan bekas oli atau tempat nasi untuk melindungi dari hujan .


Agar lebih jelas silahkan lihat video Cara Membuat POE Rakitan Sendiri di bawah ini , semoga tulisan ini bermanfaat silahkan tanyakan jika tidak ada yang di menegerti jika anda menggunakan modem bekas indihome fiber optik harus di setting ke mode bridge agar modem bisa di gunakan menjadi akses point dan say aingatkan kembali silahkan lihat cara setting modem indihome huawei HG8245H menjadi akses point atau bridge semoga bermanfaat .

Video Cara Membuat POE Rakitan Sendiri

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar