Skip to main content

follow us

Modem Huawei HG8245A/H adalah modem ONT Fiber Optic yang khusus di berikan kepada pelanggan internet telkom indihome, modem ini akan di berikan kepada client telkom yang berlangganan internet atau useeTV indihome untuk keperluan management internet melalui jaringan kabel fiber optik yang terhubung langsung ke modem .

Pada artikel kali ini saya akan sharing Cara Setting modem huawei hg8245a/h agar bisa di pergunakan sebagai akses point router dengan cara seting menjadi Bridge , biasanya jika kita mendapatkan modem indihome huawei hg8245a sudah di setting oleh petuggas instalasi dari telkom dan jika kita ingin melakukan settingan lain pada modem password default modem akan terdapat pada bagian belakang modem dengan Username: Admin Password: admin selain usernam dan pasword di bagian belakang juga terdapat pasword wifi bawaan dari modem .

Untuk menseting modem huawei Hg8245A menjadi akses ponit kita tidak bisa melakukan setingan tersebut dengan menggunakan User default modem huawei hg8245a/h kita membutuhkan super user untuk login dan melakukan settingan dan berikut pasword default yang bisa di gunakan untuk menyeting modem huawei HG8245a/h .

Password Dan User Modem Indihome Huawei HG8245A/H

User: Admin Password: admin

User ini hanya bisa di gunakan untuk melakukan setting ringan seperti merubah nama SSID wifi dan pasword wifi tidak bisa untuk melakukan perubahan modem menjadi akses point atau bridge kalian butuh super user untuk login .

User: te.....ad...n Password: ad..........m

User ini bisa kalian gunakan untuk mengobrak abrik modem untuk di jadikan akses point namun super user ini bisa di gunakan ketika modem belum di reset maka kalian bisa menggunakan user dan pasword di atas.

User: S.......rt Password: t....................d

User ini hampir sama dengan super user kedua namun user ini bisa di pergunakan jika modem sudah di reset default kalian bisa menggunakan user ini.

Maaf Super User untuk login ke modem huawei HG8245H/A saya samarkan karena pihak telkom indihome tidak boleh menyebarluaskan password dan User ini . Karena untuk melakukan settingan hanya petugas dari telkom yang di perkenankan untuk melakukan nya .
Untuk mendapatkan super user tersebut silahkan kalian hubungi live suport indihome pada akun socmed email no telepon indihome official berikut :

Live Support Indihome

Jika kalian tidak pasword atau user indihome tadi tidak di berikan petugas silahkan hubungi saya dengan ketentuan yang akan saya berikan .

Dan berikut adalah acara inti yaitu merubah modem indihome huawei hg8245a/h menjadi akses point.

Cara Setting Modem Huawei HG8245A/H Bridge Atau Akses Point 

Pertama Buka browser chrome atau mozilafirefox kemudian akses Ip modem jika belum di rubah maka ip default nya adalah 192.168.100.1 selanjut nya seting ip komputer menjadi 192.168.100.xx untuk akhiran nya kalian bebas mengisi berapa dan pada kolom tengah akan terisi secara otomatis default getway isi dengan 192.168.100.1 maka akan terbuka user login modem huawei hg8245a/h seperti pada gambar . 

Cara Setting Modem Huawei HG8245A/H Bridge Atau Akses Point

Cara Setting Modem Huawei HG8245A/H Bridge Atau Akses Point

Kedua Selanjutnya masuk ke menu Lan dan ceklis semua port lan seperti di gambar

Cara Setting Modem Huawei HG8245A/H Bridge Atau Akses Point

Masih pada bagian Lan Klik DHCP Server Configuration untuk mematikan DHCP agar ip pada perangkat yang terhubung ke modem setelah menjadi akses point tidak mendapatkan ip otomatis dari AP huawei sehingga nantinya ip akan di dapatkan dari DHCP modem atau mikrotik selanjutnya klik apply.

Cara Setting Modem Huawei HG8245A/H Bridge Atau Akses Point

Ketiga Masuk ke menu WAN kemudian kelik new untuk membuat configurasi baru agar modem menjadi Bridge Atau Akses Point .setelah muncul menu konfigurasi rubah semua menjadi seperti pada gambar .

Konfigurasi bridge huawei hg8245a/h

1. ceklis enable Wan
2. Pilih IPoE
3. Protocol Type ganti dengan IPv4
4. Wan Mode  Pilih Bridge Wan
5. Service Type Pilih OTHER
6. Enable Vlan di uncheck
7.Ceklis semua lan agar nantinya semua port bisa berpungsi ketika di colokan kabel rj45 atau menyambungkan ke AP lain SSID bisa kalian pilih satu atau lebih.
8. Klik Apply ketika sudah.

Jika kalian mengikuti langkah-langkah di atas maka modem huawei HG8245H/A sudah bisa dipergunakan menjadi akses point atau router jadi kita bisa menghemat biaya dengan menggunakan modem indihome yang sudah tidak di pakai . jika kalian membutuhkan modem huawei jenis ini kalian bisa juga membeli di group RTRW Net atau toko online banyak yang menjual kok karena mereka sudah tidak berlangganan indihome .

Dan jika tutorial saya kurang jelas kalian bisa langsung melihat video Cara Setting Modem Huawei HG8245A/H Bridge Atau Akses Point berikut ini dan ada bonus jika kalian nonton video ini maka tonton sampai selesai /

Oh ia ini sedikit review dari saya tentang modem huawei HG8245H ini bisa memancarkan wifi hampir 200M kurang lebih , saya memasang modem indihome di bawah genteng rumah kemudian saya coba akses dengan jarang 200M masih bisa konek internet namun agak berat ,jarak 200M bisa di tangkap langsung oleh HP dengan syarat tidak ada halangan rumah ataupun pohon yang banyak dan kebetulan daerah rumah saya pesawahan jadi jarak 200m masih bisa tertangkap jaringan wifi dengan hp.

Dan demikian artikel Cara Setting Modem Huawei HG8245A/H Bridge Atau Akses Point saya bisa saya tulis di blog ini semoga bisa bermanfaat bagi para pengunjung yang sedang ingin menghemat biaya untuk usaha wifi atau RTRW Net .

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar